Al-Hikam: Sabarlah Dalam Menunggu Kehendak Tuhan Untukmu

Jakarta, Aktual.com – Syekh Ibnu Athaillah berkata:

لاَ يَــكُنْ تَــأَخُّرُ أَ مَدِ الْعَطَاءِ مَعَ اْلإِلْـحَـاحِ فيِ الدُّعَاءِ مُوْجِـبَاً لِـيَأْسِكَ؛ فَـهُـوَ ضَمِنَ لَـكَ اْلإِجَـابَـةَ فِيمَا يَـخْتَارُهُ لَـكَ لاَ فِيمَا تَـختَارُ لِـنَفْسِكَ وَفيِ الْـوَقْتِ الَّـذِيْ يُرِ يـْدُ لاَ فيِ الْـوَقْتِ الَّذِي تُرِ يدُ

Artinya: “Janganlah keterlambatan datangnya pemberian Tuhan dalam memberikan apa yang kau minta, sementara engkau sudah berdoa begitu lama, membuatmu putus asa 샤크라. Sebab, Tuhan pasti mengabulkan permintaanmu dengan cara yang Dia pilih, bukan dengan cara yang engkau pilih. Dia akan mengabulkan permintaan itu pada waktu yang Dia kehendaki, bukan menurut waktu yang engkau kehendaki.”

Doa adalah sebuah bentuk dari ibadah hamba kepada Tuhannya 아프리카 tv 다시보기. Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya bahwa setiap seorang hamba memohon dan berdoa kepada-Nya, pasti Dia kabulkan. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: “Dan Tuhan kalian telah berkata: ‘Memohonlah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya untuk kalian.’” [QS Ghafir:60]

Seorang salik sejati, tentunya lebih yakin kepada apa yang telah digariskan Allah SWT untuk dirinya daripada apa yang ia usahakan Download Windows 95 Hangul.

Jika seorang hamba telah melakukan usaha dan berdoa kepada Allah SWT dengan benar dan sungguh-sungguh, namun permintaannya tersebut seolah belum dikabulkan oleh Allah SWT, disanalah terdapat ruang kosong pengetahuan yang layaknya kita pahami dan renungkan Download The Martial Arts Tekbon.

Setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, pasti dikabulkan. Hanya saja Allah SWT lebih mengetahui kebutuhan dan kesiapan hamba-Nya, kapan dan bagaimana hal tersebut dapat direalisasikan Download Xinhua Broadcasting Season 1. Seorang salik hendaklah sabar dan tidak terburu-buru dalam menunggu apa yang telah digariskan oleh Allah SWT.

Hikmah yang diungkapkan oleh Syekh Ibnu Athaillah ini juga mengambarkan bagaimana kondisi kejiwaan mayoritas kaum beriman ketika menghadapi hal-hal tersebut di atas 프렌즈 미드. Bahkan, kadang kondisi seperti ini menjadikan seseorang tidak lagi percaya kepada Tuhannya.

Seorang hamba yang memohon, memohon, dan memohon kepada Tuhannya, tetapi permintaan tersebut belum juga terwujud 저글러스. Situasi ini kadang menimbulkan pertanyaan pada dirinya: ‘Jika Tuhan Maha Mendengar, Maha Mengetahui, kenapa permintaanku tak didengar dan diketahui-Nya?’

Pertanyaan semacam itu sah-sah saja Download the grid switch. Namun hendaklah jika kita meminta kepada Tuhan dan belum terkabul, kita mesti mengatakan kepada diri kita: ‘Jangan-jangan Tuhan mengabulkan doaku dengan cara yang lain; bukan dengan cara yang aku kehendaki chrome sphere version. Dia lebih tahu hal yang terbaik buat diriku.’

Syekh Ibnu Ajibah pengarang kitab îqadh al-himam fi syarh al-hikam mengatakan:

وَلَا تَحْرِصْ فَإِنَّ الْحِرْصَ تَعَبٌ وَمَذَلَّةٌ

Artinya: “Dan janganlah engkau sangat menginginkan sesuatu, sesungguhnya sikap tersebut membuatmu lelah dan sengsara.”

Syekh Abdul Aziz al-Mahdawi juga berkata: “Barangsiapa berdoa dan mengatur-atur Tuhan dengan cara apa permintaannya itu harus dipenuhi, doanya mungkin saja dikabulkan microsoft .net framework 4 다운로드. Tetapi doanya dikabulkan sebagai bentuk istidraj (pemanjaan) dari Tuhan kepadanya. Tuhan berkata kepada malaikatnya: ‘Kabulkan saja doanya! Karena Aku tak suka mendengar permintaannya lagi.’”

Laporan: Mabda Dzikara

(Andy Abdul Hamid)

aktual.com