Belajar Dari Kesalahan Untuk Menggapai Kebahagian

Jakarta, Aktual.com – Kesalahan dan kekurangan memang dimiliki oleh semua makhluq, hal tersebut menunjukkan bahwasanya kesempurnaan hanyalah milik sang Kholiq semata 사랑의 불시착 5회.

Sebagai manusia kita harus sadar betul atas dosa dan kesalahan yang kita lakukan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Karena tidak ada manusia yang lepas dari dosa kecuali orang-orang yang dijaga oleh Allah SWT Download Rome Season 1.

Kesalahan kesalahan tersebut bisa membuat celaka, tetapi juga bisa membuat bahagia, dalam hal ini syekh Muhammad bin Dauri rahimahullahu berkata:

شقى ابليس بخمثة أشياء : لم يقر بالذنب, ولم يندم, ولم يلم نفسه, ولم يعزم على التوبة, وقنط من رحمة الله
وسعد آدم بخمثة أشياْ : أقرّ بالذّنب , وندم عليه, ولام نفسه ,واسرع فى التوبة ,ولم يقنط من رحمة الله

Artinya: ”Iblis celaka sebab lima perkara, yaitu tidak mengakui dosa, tidak bersedih, tidak mencela dirinya sendiri, tidak berkeinginan untuk bertaubat, dan putus asa dari rahmat Allah 사운드 폰트. Sedangkan Adam AS bahagia karena lima perkara, yaitu mengakui dosa, menyesali atas dosanya, menyalahkan dirinya sendiri, segera bertaubat dan tidak putus asa dari rahmat Allah SWT.”

Dari hal diatas, dapat dipetik pelajaran berharga yang bisa kita ambil adalah bahwasanya kesalahan yang kita lakukan haruslah kita sikapi dengan benar, agar tidak menjadikan diri kita celaka adobe cs6 master collection in English. Dan jangan sampai kita salah bersikap seperti apa yang dilakukan oleh Iblis.(Baca: Belajar Dari Kesalahan Untuk Menggapai Kebahagian)

Sebaliknya jika kita bisa mensikapi kesalahan yang kita perbuat dengan benar, maka kesalahan tersebut bisa menyebabkan kebahagiaan 슈퍼로봇대전 t 스위치. Seperti apa yang dilakukan oleh nabi Adam AS. Disebutkan dalam Alqur an surah al A’rof ayat 23, yaitu :

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡخَـٰسِرِينَ

Artinya: “Keduanya berkata “ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri duel. Jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi“( Q.S. Ala’rof, ayat 23)

Ayat diatas menceritakan bahwa nabi Adam AS begitu sedih dan menyesal serta mengakui kesalahanya, dan kemudian dari pengakuan nabi Adam AS tersebut, akhirnya Allah berkenan memberikan ampunan-Nya 스케치업 컴포넌트.

Dan juga dari hadist yang diriwayatkan dari Abdulloh bin mas’ud RA rasululloh SAW bersabda:

من أخطآ خطيئة ثم ندم فهو كفارته ( رواه البيهاقى )

Artinya: ”Barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian menyesali perbuatan itu, maka penyesalan itulah tebusanya” (HR Download Worms wmd. Baihaqi)

Sebagai seseorang yang berakal, tentu kita harus bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang kita perbuat, dan kemudian memperbaikinya agar kehidupan kita menjadi lebih baik, dan jangan sampai kesalahan kesalahan yang kita lakukan, membuat kita semakin celaka Timviewer Windows.

Laporan: Syafiq Eljontrowi