Keberkahan dan Kuantitas dalam Islam (1)

Maulana Syekh Yusri Rusydi Jabr Al Hasani memberikan tauyiah di acara Majelis Ijazah Shalawat, Tahlil dan HaflahMaulid Akbar Nabi Muhammad SAW di Masjid Arraudhah, Desa Tambakasri, Tangkil, Tajinan, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Syekh Yusri menjelaskan secara rinci Shalawat Yusriah, dimana Shalawat tersebut merupakan ilham yang beliau dapatkan saat melaksanakan ibadah umroh pada tahun 1432 H. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Zawiyah-arraudhah.com – Syekh Yusri menjelaskan dalam pengajian kitab shahih Bukharinya, bahwa yang membuat sesuatu itu cukup adalah keberkahannya, bukan jumlah ataupun kuantitas dari pada sesuatu tersebut 현세독존기. Diantaranya adalah pada hal makanan, dimana imam Bukhari RA meriwayatkan bahwa baginda Nabi SAW bersabda: ” طَعَامُ الاِثْنَيْنِ كَافِى الثَّلاَثَةِ وَطَعَامُ الثَّلاَثَةِ كَافِى الأَرْبَعَةِ” yang artinya: ” makanan untuk dua orang cukup untuk tiga orang, dan makanan untuk tiga orang cukup untuk empat orang” (HR Big Fisherman's Bug edition. Bukhari).

Syekh Yusri menambahkan, pada hakikatnya yang membuat kenyang adalah keberkahan yang telah Allah berikan kepada seorang, bukan dari jumlah seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut kita 내눈에는 다운로드. Inilah yang perlu diyakini oleh setiap muslim, bahwa Allah lah Dzat yang Maha member ta’tsir (efek) terhadap sesuatu, bukan hanya semata-mata dari sesuatu tersebut, karena Allah lah yang merupakan Al fa’il al haqiqi (Dzat yang melakukan segala sesuatu dalam segala hal) 달빛조각사 45권 텍본.

” Kita hidup di alam hikmah, dimana Allah menjadikan hubungan sebab akibat, dan dengan memperhatikan sebab akibat inilah Allah memerintahkan kita untuk beribadah dengannya”, tegas syekh Yusri Download the movie Weather. Alam dunia ini juga dinamakan dengan alam “mulk”, dimana Qudratullah (Sifat Kuasa Allah) terbungkus dalam hubungan sebab akibat, dimana Allah Ta’ala menjadikan makanan itu bisa mengenyangkan, air bisa menghilangkan rasa dahaga, obat bisa memberikan kesembuhan, dan semua itu adalah atas dasar kehendak Allah Ta’ala Download The Witch's Love.

Hubungan antara sebab dan musabbab menurut ahli sunah wal jama’ah adalah hubungan yang biasa (‘adi), yang mana tidak selalu ketika ada sabab pasti ada musabab (efek) 웜즈 아마겟돈. Tidaklah boleh kita berkeyakinan bahwa api itu selalu membakar dengan sendirinya, karena I’tikad seperti ini adalah salah dan bisa menyampaikan kepada kekufuran, serta mengingkari mu’jizat nabi Ibrahim AS, yaitu api tidak mampu membakarnya sebagaimana diceritakan dalam Aqur’an 날씨배경화면 다운로드.

Imam Dardir RA telah menjelaskan dalam bait-baik kitab Al Kharidah Al bahiyahnya, bahwa: ” ومن يقل بالطبع أو بالعلة * فذاك كفر عند أهل الملة” yang artinya : ” dan barang siapa yang berkata yang memberikan efek itu adalah dengan tabiat (dengan senidirinya) atau oleh sebab hubungan illah ma’lul (sebab akibat) * maka hal tersebut adalah merupakan kekufuran menurut ulama umat islam” 천로역정 더빙판. Wallahu A’lam

bersambung.

Ustad Antoni