RESUME KAJIAN TASAWUF BERSAMA KH. MUHAMMAD DANIAL NAFIS 25/2/2020

Minahus Saniyah

Dari penjelasan Syaikh Abdul Wahab As-Sya’roni ra. Pada bab dzikir ini dapat disimpulkan bahwa dzikir merupakan identitas kewalian. Artinya, siapa yang sentiasa berdzikir kepada Allah maka ia akan dapat mencapai derajat kekasih-Nya dan itu menjadi salah satu ciri utamanya. Sebaliknya, siapa yang lupa atau berhenti dari berdzikir berarti ia lepas dari derajat kewalian. Sebagaimana para pejabat dan penguasa yang memiliki tugas dan pangkatnya masing-masing. yang bertugas mengatur persoalan ekonomi, sosial dan politik masyarakat, mengeluarkan surat keputusan dan lain sebagainya Download Ubit. Begitu juga para ahlul wilayah, mereka mendapatkan pangkat-pangkatnya dari Allah ta’ala sesuai derajat kewaliannya. Dan salah satu tugas utama para ahlul wilayah itu adalah dawamud dzikr (terus-menerus berdzikir).

Dzikir merupakan kunci dari ibadah-ibadah yang lain. ia juga merupakan jalan yang paling cepat untuk membuka rahasia-rahasia ibadah yang lain. Fath atau Futuuh (keterbukaan hijab) yang di dapatkan orang yang arif ini berbeda dengan ilmunya orang alim yang didapat dari belajar. kalau orang alim itu pandai baca kitab, Banyak hafalan Download Insidious 3. Tapi kalau orang arif itu orang yang cerdas dan dewasa hatinya. Futuh hakiki itu dalam hal ziyadah imaan wal ma’aarif, bertambahnya iman keyakinan dan pengenalan kita kepada Allah. dan ini bersifat ladunni langsung dari Allah tanpa proses belajar. Sayyid Ali Al-Mursifi menyatakan, “banyak guru tarekat yang merasa tidak mampu merawat hati murid mereka sampai bersih. Mereka tidak menemukan obat yang lebih baik untuk itu kecuali dengan terus menerus berdzikir.”

Maka, dalam persoalan pembersihan hati ini, dzikir bisa diumpamakan seperti batu kerikil atau alat gosok khusus yang dapat secara cepat membersihkan kerak tembaga Goodswipe. Sedangkan ibadah-ibadah lain bagai alat gosok biasa yang lama sekali bila digunakan untuk membersihkan kotoran tembaga.

Anwarul Hadi

Syaikh Abdul Qadir al-Jilani qs. Menasehati kita agar berpaling dari bergantung kepada makhluk dan tidak berharap pada mereka. Kita harus yakini bahwa tidak ada yang dapat mendatangkan kemanfaatan dan menolak kemadharatan kecuali Allah. makhluk hanyalah sebagai asbab dan cara Allah memberikan anugerah ataupun cobaan kepada hamba-hambanya.

Jalan meleburkan diri di dalam kehendak Allah dan fana dari makhluk adalah dengan terus menerus melatih dzikir tahlil kita sambil di dalam hati dimaknai dan diresapi laa maqshuuda illa Allah (tiada yang dituju kecuali hanya Allah), aku ibadah ini tiada yang di tuju kecuali Engkau yaa Allah Capture 10. aku kerja ini tiada yang di tuju kecuali Engkau yaa Allah. aku berkeluarga ini tiada yang di tuju kecuali Engkau yaa Allah. aku bergaul dengan manusia ini tiada yang di tuju kecuali Engkau yaa Allah. jika ini di biasakan akan dapat membersihkan diri kita dari bergantung dan berharap kepada makhluk meskipun kita berada di tengah-tengah mereka. tapi cara ini akan lebih matang nanti kalau antum sudah masuk ke dalam suluk. dan tidak akan sampai kepada fana yang demikian itu kecuali setelah di awali dengan makna tahlil laa ma’buuda illa Allah (tiada yang disembah kecuali hanya Allah) karena makna dzikir tahlil pertama ini dalam rangka membersihkan diri jasmani kita agar patuh dan taat pada syariat dan perintah Allah Download the free version of Photoshop. ini yang harus dikuatkan dulu. kita harus bisa bedakan mana informasi dan mana intruksi atau anjuran guru. Ini kita baru cerita, belum praktek. tidak semua hal yang diceritakan guru itu bisa antum amalkan langsung.
………………………………………………….

Rasulullah SAW Bersabda

عن رسول الله أنه قال حبب إليّ من دنياكم ثلاث الطيب والنساء وجعلت قرة عيني في الصلاة

Artinya: “Dari Rasulullah SAW, bahwasanya beliau bersabda dicintai kepadaku dari duniamu tiga hal, yaitu wangi-wangian, wanita dan dijadikan penenang hatiku dalam sholat”.

Jika kita perhatikan hadits tersebut. Tiga hal yang disukai Rasulullah saw. itu menyatukan dimensi insaniyah dan Ilahiyah. Rasulullah saw. menyukai wangi-wangian karena wangi-wangian sangat dekat dengan keindahan, kesegaran, dan kelembutan. Rasulullah saw sangat memperhatikan kebersihan dan keindahan Java ftp folder. Rasulullah menyukai wanita jangan diartikan Rasulullah saw itu gila perempuan. Rasulullah saw menyukai wanita sebagai lambang kelembutan, keindahan dan kecantikan. bukan menyukai dengan nafsu syahwat seperti kita. Sebagaimana penjelasan Syaikhul Akbar Ibnu Arabi tentang makna filosofis hadits ini, bahwa perempuan adalah penampakan sifat-sifat jamaliyyah (keindahan, kecantikan) Allah ta’ala. Namun yang paling penting dari itu semua tentunya adalah sholat sebagai penenang hati. tidak ada sarana yang lebih baik dalam menghadapi persoalan dan problematika kehidupan selain dengan sabar dan sholat 미디트레일.

Rasulullah saw. dari sisi insaniyahnya beliau juga mengahapi persoalan kehidupan sebagaimana kita di dalam rumah tangga, persahabatan dan bahkan peperangan. istri-istri beliau pernah menuntut, saling cemburu, juga para sahabat yang satu dengan yang lain terkadang terjadi permasalahan. Rasulullah bahkan juga pernah pingsan pada saat perang uhud. ketika baju besi beliau dihantam pedang oleh musuh hingga gigi beliau yg mulia retak. kisah-kisah dalam shiroh Nabawiyah yang menampakkan sisi kemanusiaan Rasulullah saw 일드 천지인. ini merupakan tarbiyah dari Allah bahwa kita ini mutlak hanyalah sebagai hamba yang tidak memiliki kebisaan, kedigdayaan dan kekuatan apapun tanpa pertolongan-Nya. Banyak orang tergelincir disini. Terkadang ketika doa kita dikabulkan dalam bentuk dzohir kita dengan gegabah langsung merasa dan mengakui bahwa itu adalah hasil dari usaha kita. Ketika kita mengajar, kita merasa bahwa keberhasilan murid itu karena pengajaran kita. ketika kita bisa Infaq shodaqoh, puasa, haji. kita memandang mereka yang belum bisa melaksanakannya dengan remeh sambil menganggap diri sudah bisa dan lebih mulia Download Jetman. kita lupa dengan taufiq dan inayah Allah Taala. ini adalah ghurur (tipudaya) dan ketergelinciran. saat menyadarinya kita harus segera beristighfar memohon ampun kepada Allah.

Sirrul Asraar

Pada pertemuan yang lalu kita telah membahas tentang wadah-wadah arwah pada diri manusia dari mulai shodr, qolb, fuaad, sampai kepada lubb atau sering juga disebut sirr. pembersihan paling awal adalah pembersihan pada ruh jismani yang terletak di dalam shodr dengan Dzikir Jahr dan riyadhah jasmani. Makna dzikir tahlil pada tingkatan ini adalah laa ma’buuda illa Allah (tiada yang disembah kecuali Allah) Download YouTube Mate. pada titik inilah seorang hamba akan dianugerahi wilayah, karomah mukasyafah dan musyahadah setelah ia memurnikan ibadah dan riyadhahnya hanya pada Allah dan untuk Allah. Bukan untuk makhluk, karena ingin di puji atau karena popularitas.

al-liqoo’ wal musyahadah. yang diminta Imam As-Syadzili ra. kepada Allah Dalam Hizb Barrnya. yakni menyaksikan dan berjumpa langsung dengan Dzat Allah di Akhirat dengan sangat jelas dan nyata laksana menyaksikan bulan purnama. sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah saw. Adapun kenikmatan batin di dunia ini yang diminta Imam Syadzili ra. adalah al-imaan wal ma’rifah. Semogaa Allah menganugerahi semua itu kepada kita. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

#ZawiyahArraudhah #ResumeKajianTasawuf
Wallahu a’lam.