RESUME KAJIAN TASAWUF BERSAMA KH. MUHAMMAD DANIAL NAFIS

RESUME KAJIAN TASAWUF BERSAMA KH. MUHAMMAD DANIAL NAFIS 18/2/2020

Minahus Saniyah

Al-Imam Abdul Wahhab Asy-Sya’rani ra menjelaskan bahwa dzikir menjadi Syarat utama ahli suluk. Tujuan diwajibkannya wirid di dalam setiap thoriqoh di antaranya adalah agar seorang Salik melatih dirinya untuk menjaga dzikir dalam keadaan apapun. dilandasi dengan pengetahuan bahwa lalai (goflah) dari mengingat Allah Taala dapat membuatnya tergelincir kepada maksiat lahir maupun batin 왕좌의 게임 시즌7 1화.

Untuk salik tingkatan pemula (ahlu bidayah) mengamalkan Dzikir Jahr (dzikr dengan bersuara) adalah lebih di utamakan, karena dizkir jahr akan membangun psikologi dzikir dan karakter jiwa seorang salik yang senantiasa di sibukkan oleh dzikrullah. sedangkan Dzikir Sirr (dzikir batin/rahasia) lebih di utamakan untuk tingkat akhir (ahlu nihayah), karena dzikir sirr itu lebih terfokus pada dzikir batin yang tidak terbatas oleh gerak dan aktifitas salik, _ artinya dimanapun dan kapanpun dia selalu berdzikir Hana Bank font. Namun dzikr sirr yang dawam dan terus menerus ini tidaklah bisa kita raih tanpa melalui latihan-latihan yang disiplin dan continue melalui dzikir jahr sebagaimana yang di lazimkan di dalam wirid asasi thoriqoh kita. juga dari dzikir jahr yang dibiasakan pada tingkat permulaan tersebut, nantinya seorang Salik akan naik kepada tingkatan mutawassith (pertengahan) yakni dengan mulai merenungi dan meresapi setiap makna dari dzikir yang di lafadzkannya melalui lisannya Download hitchhikers traveling through the Milky Way. Melalui pengulangan dan perenungan makna-makna dzikr jahr inilah ia akan sampai kepada dzikir sirr yang matang.
……. …. …..

Anwarul Hadi

Maulana Shulthonul Auliya Sidy Syekh Abdul Qadir Al-Jilani qs. ra. menjelaskan bahwa seseorang tidak akan ta’alluq kepada dunia kepada dunia selama ia memegang kuat 3 hal ini :

  1. Tidak bergantung dan bersandar kepada makhluk Sudden hack. 2. Tidak menuruti hawa nafsu 3. Tidak berkehendak dan berkeinginan kecuali hanya kepada Allah Taala.

Jangan jadikan dunia sebagai orientasimu, jadikan dalam doamu itu rizki yang kau minta adalah rizki yang di ridhoi Allah, bukan rizki yang melalaikanmu dari-Nya. Dunia hanya sejenak dan Sementara, ia bersifat hancur dan rusak, namun dunia harus di tundukkan. bukan berarti kita menceraikan dan melepaskan dunia sepenuhnya tidak bergerak sama sekali Download the interview confirmation form. karena hakikat zuhud itu bersemayam di dalam hati. sebagaimana nasehat Shulthonul Auliya’ ra.
اجعل الدنيا في أيديكم ولا تجعل الدنيا في قلوبكم

“Jadikan dunia itu dalam genggamanmu dan jangan masukkan dunia itu ke dalam hatimu”

Maksudnya tidak ta’alluq kepada dunia meskipun bergelimang harta kamu betul-betul menjadikannya hanya sebagai ladang akhirat. tanpa cinta dan beban karena ia hanyalah titipan yang akan di pertanyakan di hadapan Allah Taala.

Dunia harus di tundukkan dengan cinta kepada dan dari Allah SWT , sehingga segala bentuk hal duniawi seperti istri, anak, harta, dan apapun menjadi keberkahan sebab mendapat sentuhan cinta kasih sayang Allah Taala Download Shift3.
Kita tidak bisa bayangkan jika kita mencintai anak istri kita tanpa limpahan cinta kasih sayang dari Allah mungkin usia pernikahan kita hanya seumur jagung.

Sirrul Asraar

Tata Alam Arwah dalam diri Manusia , dalam konteks perumpamaan system jaringan perangkat komputer terbagi 4 :

Alam Nasut / Mulki / syahadah adalah alam kasat mata, di dalam Shodr (dada) atau istilah dalam sirrul asrar nya di antara darah dan daging 텐센트 배틀그라운드. Disitu beremayam Ruh Jismani. di ibaratkan layar komputer dan perangkat hardware lainnya.

Alam Malakut pemancarnya didalam qolb, tempat bersemayam Ruh Ruhani / Ruwani ini di ibaratkan System dalam sebuah komputer atau di sebut Software.

Alam Jabarut pemancarnya berada di Fuad, disini bersemayam Ruh Sulthoni, laksana Memori dan Hardisk yang berfungsi sebagai penyimpan data, file dan System ios background.

Alam Lahut pemancarnya ada di dalam Lubb atau Sirr, di sinilah Ruh Qudsi bersemayam seperti fungsi Central Server – Prosesor dalam sebuah komputer.

Di dalam Shodr, Qolb, Fuad, dan Lubb atau Sirr ini. apabila nafsu-nafsu didalamnya telah di tundukkan maka akan memancarkan cahaya dan ilmunya sesuai dengan tingkatannya 심즈 아이템. serta menunjukan tingkatan derajat atau maqom kehambaan seseorang.

Di dalam Shodr akan memancar cahaya Nurul Islam, yang harus ditundukkan adalah Nafsu Amarah, Ilmunya Syariat, derajat dan gelarnya adalah Muslim.

Di dalam Qolbu akan memancar Nurul Iman apabila Nafsu Lawamah telah di tundukkan. Ilmunya adalah Tarekat. Derajat dan gelarnya adalah Mu’min

Didalam Fuad akan memancar Nurul Ma’rifah apabila Nafsu Mulhimah telah di tundukkan Download the rowdy records. Di sinilah Mukasyafah atau Ketersingkapan batin. Ilmunya adalah Ma’rifat. Derajat dan gelarnya adalah ‘Arif atau Muhsin.

Di dalam Lubb atau Sirr akan memancar Nur Tauhid. Nafsunya adalah Muthma’innah. Di sinilah Musyahadah atau Penyaksian Keesaan Allah. Ilmunya adalah Hakikat. Gelarnya adalah Muwaahid.

Dalam filosofi gamelan Jawa di kenal istilah nang-ning-nung :

Nang : Wenang atau Tenang, maksudnya Semedi atau Meditasi, Masuk kepada Wirid. Satukan Frekuensi Ilahiyah. Dzikirnya berawal dari dalam Shodr masuk kepada Qolb.

Ning : Wening atau Hening. maksudnya Meniadakan Diri atau Mautul Iradah (matinya kehendak dan keinginan diri). Dzikirnya berawal dari dalam qolb masuk kepada Fuad.

Nung : Kesinungan, Terpilih atau Pinilih, menjadi Khyorun naas yang Manafi’, memberikan kemanfaatan kepada dirinya sendiri dan sekitarnya. Dzikirnya berawal dari dalam fuad masuk kepada Lubb.

Untuk menjadi optimal, handal dan agar tidak hang atau lemot , maka seluruh perangkat diri yang di ibaratkan seperti komputer itu harus terkoneksi antar satu dan lain nya. Begitu juga terkait dengan diri, arwaah atau ruh – ruh dalam dimensi kita, akhirnya muncul cita rasa kehambaan. Mengetahui jati diri hakiki masuk kepada ketiadaan diri dan tanpa kemampuan kecuali hanya ada pengaturan ketuhanan yang mutlaq yakni Allah swt pengatur Haqq Semesta Alam.

Wallahu’alam